Tulisan Jalan

Selamat Belajar Membuat Blogspot

KKG

RINCIAN JADWAL KEGIATAN PROGRAM KKG BERMUTU TAHUN KE-2 GUGUS dr. SUTOMO
SD INTI NEGERI TANJUNGSARI KECAMATAN KAJEN KABUPATEN PEKALONGAN
TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011

KEGIATAN IN-SERVICE
HARI WAKTU MATERI KEGIATAN FASILITATOR
Sabtu,
31 Juli 2010 08.00 – 08.50 Pembukaan dan Pengenalan BBM KKG BERMUTU Panitia
08.50 – 09.40 Pembahasan dan pembuatan silabus Guru Pemandu
09.40 – 10.30 Pembahasan dan pembuatan silabus Pengawas TK/SD
10.30 – 11.00 Pembahasan dan pembuatan RPP Pengawas TK/SD
11.00 – 11.50 Evaluasi dan analisis butir soal. Pengawas TK/SD
11.50 – 12.40 Evaluasi dan analisis butir soal dan penutupan Pengawas TK/SD


Pertemuan : I
Topik : Pengembangan Pembelajaran Matematika
Waktu : 09.00 – 12.40
Istirahat : 20 menit

HARI WAKTU MATERI KEGIATAN FASILITATOR
Sabtu,
25 Sept 2010 Kegiatan
(200 menit) PENDAHULUAN
Penjelasan tentang: topik yang akan dibahas, kompetensi, indikator pencapaian kompetensi, dan kegiatan belajar yang akan dilakukan. Narasumber
KEGIATAN INTI
Materi essensial pada kelas tinggi di SD
Materi essensial pada kelas rendah di SD
PENUTUP
Refleksi dan tugas mandiri

Pertemuan : II
Topik : Pengembangan Pembelajaran IPA
Waktu : 09.00 – 12.40
Istirahat : 20 menit

HARI WAKTU MATERI KEGIATAN FASILITATOR
Sabtu,
2 Okt 2010 Kegiatan
(200 menit) PENDAHULUAN
Penjelasan tentang: topik yang akan dibahas, kompetensi, indikator pencapaian kompetensi, dan kegiatan belajar yang akan dilakukan. Narasumber
KEGIATAN INTI
Materi essensial pada kelas tinggi di SD
Materi essensial pada kelas rendah di SD
PENUTUP
Refleksi dan tugas mandiri


Pertemuan : III
Topik : Pengembangan Pembelajaran Bahasa Indonesia.
Waktu : 09.00 – 12.40
Istirahat : 20 menit

HARI WAKTU MATERI KEGIATAN FASILITATOR
Sabtu,
9 Okt. 2010 Kegiatan
(200 menit) PENDAHULUAN
Penjelasan tentang: topik yang akan dibahas, kompetensi, indikator pencapaian kompetensi, dan kegiatan belajar yang akan dilakukan. Narasumber
KEGIATAN INTI
Materi essensial pada kelas tinggi di SD
Materi essensial pada kelas rendah di SD
PENUTUP
Refleksi dan tugas mandiri



Pertemuan : IV
Topik : Pengembangan Pembelajaran IPS
Waktu : 09.00 – 12.40
Istirahat : 20 menit

HARI WAKTU MATERI KEGIATAN FASILITATOR
Sabtu,
23 Okt. 2010 Kegiatan
(200 menit) PENDAHULUAN
Penjelasan tentang: topik yang akan dibahas, kompetensi, indikator pencapaian kompetensi, dan kegiatan belajar yang akan dilakukan. Narasumber
KEGIATAN INTI
Materi essensial pada kelas tinggi di SD
Materi essensial pada kelas rendah di SD
PENUTUP
Refleksi dan tugas mandiri


Pertemuan : V
Topik : Kompetensi Kepribadian dan Sosial
Waktu : 09.00 – 12.40
Istirahat : 20 menit

HARI WAKTU MATERI KEGIATAN FASILITATOR
Sabtu,
6 Nop. 2010 Kegiatan
(200 menit) PENDAHULUAN
Penjelasan tentang: topik yang akan dibahas, kompetensi, indikator pencapaian kompetensi, kegiatan belajar yang akan dilakukan Narasumber
KEGIATAN INTI
Kompetensi kepribadian dan sosial guru
Pembentukan karakter bagi guru dan peserta didik
PENUTUP
Refleksi dan tugas mandiri




Pertemuan : VI
Topik : Model – Model Pembelajaran
Waktu : 09.00 – 12.40
Istirahat : 20 menit

HARI WAKTU MATERI KEGIATAN FASILITATOR
Sabtu,
13 Nop. 2010 Kegiatan
(200 menit) PENDAHULUAN
Penjelasan tentang: topik yang akan dibahas, kompetensi, indikator pencapaian kompetensi, kegiatan belajar yang akan dilakukan Narasumber
KEGIATAN INTI
Penjelasan model-model pembelajaran
PENUTUP
Refleksi dan tugas mandiri


Pertemuan : VII
Topik : Model – Model Pembelajaran
Waktu : 09.00 – 12.40
Istirahat : 20 menit

HARI WAKTU MATERI KEGIATAN FASILITATOR
Sabtu,
15 Jan. 2011 Kegiatan
(200 menit) PENDAHULUAN
Penjelasan tentang: topik yang akan dibahas, kompetensi, indikator pencapaian kompetensi, kegiatan belajar yang akan dilakukan Narasumber
KEGIATAN INTI
Penyusunan dan penerapan model-model pembelajaran
PENUTUP
Refleksi dan tugas mandiri






Pertemuan : VIII
Topik : Penulisan Naskah dengan Microsoft Word
Waktu : 09.00 – 12.40
Istirahat : 20 menit

HARI WAKTU MATERI KEGIATAN FASILITATOR
Sabtu,
23 Jan. 2011 Kegiatan

(200 menit) MEMBUAT NASKAH SEDERHANA DENGAN MICROSOFT WORD
• Menjalankan Microsoft Word
• Mengenal tampilan antarmuka Microsoft Word
• Menataletak naskah dalam Microsoft Word
• Menyimpan dan mencetak naskah
Membuat Naskah Sederhana
• Penjelasan Tugas (Kegiatan Belajar Mandiri)

Terstruktur
a. Buatlah naskah seperti yang ditunjukkan hasilnya pada Lampiran 1.
b. Simpan hasilnya ke dalam flashdisk Anda (untuk disimpan sebagai bagian dari kemasan portofolio Anda).

Mandiri
Ketiklah dengan Microsoft Word naskah. Ketentuan pengetikannya adalah sebagai berikut:
a. Margin kiri dan margin atas adalah 3 sentimeter (cm).
b. Margin kanan dan margin bawah adalah 2,5 sentimeter (cm).
c. Orientasi halaman adalah portrait.
d. Jenis/ukuran kertas adalah A4.
e. Jarak antar paragraf adalah 12 pt, dan jarak antar baris dalam paragraf (spasi) adalah 1,5 baris Narasumber





Pertemuan : IX
Topik : Power Point
Waktu : 09.00 – 12.40
Istirahat : 20 menit

HARI WAKTU MATERI KEGIATAN FASILITATOR
Sabtu,
29 Jan. 2011 Kegiatan

(200 menit) MEMBUAT POWER POINT
• Menjalankan Power Point
• Mengenal tampilan antarmuka Power Point
• Menataletak naskah dalam Power Point
• Menyimpan dan mencetak naskah
Membuat Naskah Sederhana
• Penjelasan Tugas (Kegiatan Belajar Mandiri)

Terstruktur
a. Buatlah naskah seperti yang ditunjukkan hasilnya pada Lampiran 1.
b. Simpan hasilnya ke dalam flashdisk Anda (untuk disimpan sebagai bagian dari kemasan portofolio Anda).

Mandiri
Ketiklah dengan Power Point sebuah naskah Narasumber












Pertemuan : X
Topik : Penjelajahan Internet dengan mesin pencari
Waktu : 09.00 – 12.40
Istirahat : 20 menit

HARI WAKTU MATERI KEGIATAN FASILITATOR
Sabtu,
5 Feb. 2011 Kegiatan

(200 menit) MENGGUNAKAN BROWSER DAN MESIN PENCARI
• Mengenal Browser
• Mengunakan browser Internet Explorer
• Menggunakan mesin pencari Google
• Penjelasan Tugas (Kegiatan Belajar Mandiri)
Terstruktur
Lakukan langkah kegiatan 1 dan kegiatan 2 sesuai urutannya. Bila ada yang tidak Anda pahami, bacalah lagi sumber belajar yang dilampirkan.

Mandiri
a. Gunakan mesin pencari untuk menemukan dokumen-dokumen (minimal 10 buah) yang dapat Anda gunakan sebagai rujukan untuk menyusun RPP atau menyusun materi pembelajaran. Narasumber














Pertemuan : XI
Topik : Refelsi dan Tindak Lanjut
Waktu : 09.00 – 12.40
Istirahat : 20 menit

HARI WAKTU MATERI KEGIATAN FASILITATOR
Sabtu,
12 Feb. 2011 Kegiatan 1
(5 menit) PENDAHULUAN
Penjelasan tentang: topik yang akan dibahas, kompetensi, indikator pencapaian kompetensi, kegiatan belajar yang akan dilakukan. Narasumber
Kegiatan 2
(80 menit) PENJELASAN DAN DISKUSI
• Diskusi hasil analisis dan interpretasi data masing-masing guru (kelompok kecil).
• Penjelasan dan diskusi tentang konsep dasar refleksi dan tindak lanjut.
Kegiatan 3
(100 menit) BERLATIH MEREFLEKSI DAN BERDISKUSI
• Berlatih bersama melakukan refleksi dan merencanakan tindak lanjut dengan data dari kegiatan open class.
• Diskusi kelas untuk mempresentasikan salah satu hasil kerja kelompok.
Kegiatan 4
(5 menit) REFLEKSI DATA MASING-MASING
• Latihan melakukan refleksi dan tindak lanjut berdasarkan data dari pelaksanaan tindakan di kelas masing-masing.
• Mendiskusi hasil refleksi dalam kelompok kecil/berpasangan
Kegiatan 5
(10 menit) REFLEKSI DIRI
Menuliskan hasil refleksi diri pemahaman guru peserta tentang pengalaman melaksanakan refleksi dan tindak lanjut pada buku kerja serta cara penulisan laporan PTK
Kegiatan 6
(5 menit) PENJELASAN TUGAS
Terstruktur
Menyusun kembali uraian refleksi dan rencana tindak lanjut berdasarkan masukan dari peserta lain dan pemandu.
Mandiri
• Membaca buku-buku yang dirujuk dalam sumber belajar, yakni nomor 2 – 4.
• Memadukan semua pemahaman yang diperoleh mulai dari kegiatan belajar ke-1 sampai ke-6.




Pertemuan : XII
Topik : Identifikasi Masalah
Waktu : 09.00 – 12.40
Istirahat : 20 menit

HARI WAKTU MATERI KEGIATAN FASILITATOR
Sabtu,
19 Feb. 2011 Kegiatan 1
(10 menit) Overview
Penjelasan tentang apa yang akan dipelajari dalam pertemuan ini dan apa yang diharapkan dari kegiatan belajar Narasumber
Kegiatan 2
(50 menit) Brainstorming
Memandu curah pendapat mengenai permasalahan dalam melaksanakan pembelajaran tematik
Kegiatan 3
(90 menit) Diskusi dan Pengkajian case study
Memandu diskusi untuk mengidentifikasi masalah, menganalisis faktor penyebab masalah, dan merumuskan masalah
Kegiatan 4
(35 menit) Klasifikasi masalah
Menjelaskan cara pengelompokkan permasalahan pembelajaran ke dalam aspek pengembangan kurikulum, penguasaan subjek, dan pelaksanaan pembelajaran
Kegiatan 5
(15 menit) RANGKUMAN
Menyimpulkan hasil belajar cara mengidentifikasi masalah, dan pemberian tugas terstruktur dan tugas mandiri
Terstruktur
a. Lakukanlah pembelajaran seperti biasa di kelas. Selama pembelajaran berlangsung perhatikan kesulitan-kesulitan yang dialami siswa.
b. Selesai pembelajaran, renungkan kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dan tuangkan dalam bentuk case study.
c. Pelajari case-case study yang tersedia di Daftar Sumber Belajar (1, 3, 4, dan 5) untuk memperoleh pengalaman dan pemahaman yang lebih mendalam tentang permasalahan dalam pembelajaran
d. Berdasarkan pemahaman tentang case study tersebut dan case study yang dibuat sendiri, lakukan analisis, klasifikasikan dan rumuskan masalah yang menjadi perhatian utama guru yang ingin diselesaikan atau dicari solusinya melalui PTK. Masalah yang dirumuskan ini menjadi masalah yang dipilih oleh guru sendiri dalam melaksanakan PTK.
e. Beserta RPP, LKS dan hasil evaluasi terhadap siswa, ketentuan pilihan masalah ini dibawa ke pertemuan KKG selanjutnya.
Mandiri
a. Pelajari modul PTK, pahami kembali materi yang berkaitan dengan identifikasi masalah dan simaklah bab perencanaan PTK, buat rangkumannya.
b. Baca dan buatlah ringkasan hasil bacaan mengenai penyusunan silabus dan RPP, pengembangan bahan ajar, dan metode-metode penilaian, serta strategi atau model-model pembelajaran yang berorientasi pada PAKEM.





Pertemuan : XIII
Topik : Penyusunan Proposal
Waktu : 09.00 – 12.40
Istirahat : 20 menit

HARI WAKTU MATERI KEGIATAN FASILITATOR
Sabtu,
5 Maret 2011 Kegiatan 1
(10 menit) PENDAHULUAN
Menjelasan mengenai topik yang akan dibahas, kompetensi, indikator pencapaian kompetensi, kegiatan belajar yang akan dilakukan Narasumber
Kegiatan 2
(30 menit) BRAINSTORMING
Memandu jalannya curah pendapat mengenai konsep, tujuan dan fungsi proposal penelitian
Kegiatan 3
(20 menit) DISKUSI
Mendiskusikan sistematika proposal penelitian tindakan kelas
Kegiatan 4
(30 menit) DISKUSI
Memandu diskusi tentang komponen proposal penelitian tindakan kelas
Kegiatan 5
(100 menit) LATIHAN
Mengajak guru peserta untuk berlatih menyusun proposal penelitian tindakan kelas
Kegiatan 6
(10 menit) MERANGKUM HASIL BELAJAR
Merangkum materi pembelajaran untuk memberian penguatan dan pemberian tugas terstruktur maupun tugas mandiri
Terstruktur
Untuk melaksanakan tugas terstruktur yang diberikan pada guru, maka guru harus mempelajari kembali bagaimana penyusunan proposal dilakukan dan komponen-komponen apa yang harus ada dalam suatu proposal. Kemudian guru menyusun sendiri proposal sesuai dengan rumusan masalah yang telah dimilikinya.
Mandiri
Membaca dan mengkaji sumber belajar berkaitan dengan penyusunan proposal.









Pertemuan : XIV
Topik : Analisis dan Interprestasi Data
Waktu : 09.00 – 12.40
Istirahat : 20 menit

HARI WAKTU MATERI KEGIATAN FASILITATOR
Sabtu,
12 Maret 2011 Kegiatan 1
(10 menit) PENJELASAN
Penjelasan umum tentang topik, kompetensi, indikator pencapaian kompetensi, kegiatan belajar yang akan dilakukan i, dan produk kegiatan belajar yang diharapkan dari kegiatan belajar di MGMP Narasumber
Kegiatan 2
(15 menit) TANYA JAWAB
• Materi yang telah dibahas pada pertemuan sebelumnya
• Menanyakan tugas terstruktur dan memastikan guru peserta KKG membawa buku kerja mereka yang berisikan data hasil observasi pembelajaran pada waktu open class beserta data hasil pembelajaran guru sendiri.
Kegiatan 3
(35 menit) DISKUSI KELOMPOK
Masing-masing kelompok menyiapkan data hasil observasi yang telah dilakukan pada kegiatan Open Class, selanjutnya berlatih dalam kelompok:
• memilah data yang relevan dengan tujuan penelitian yang dicontohkan
• memilah data ke dalam data kuantitatif dan kualitatif
Kegiatan 4
(60 menit) ORGANISASI DATA
Latihan mengorganisasi data, analisis, dan menginterpretasikan data kuantitatif.
Kegiatan 5
(65 menit) ORGANISASI DATA
Latihan mengorganisasi data, analisis, dan menginterpretasikan data kualitatif.
Kegiatan 6
(15 menit) REFLEKSI DAN TUGAS
Mengajak guru untuk melakukan refleksi terhadap hasil belajar, dilajutkan dengan pemberian tugas terstruktur dan mandiri.
Terstruktur
• Pelajari dan cek kembali data yang telah diperoleh dan diorganisasikan sesuai dengan jenis data dan relevansinya dengan tujuan PTK guru.
• Buat laporan hasil pengorganisasian data, analisis, dan interpretasi data hasil pembelajaran yang telah dilakukan sesuai dengan data hasil observasi.

Mandiri
Mempelajari contoh-contoh laporan PTK, pelajari bagaimana guru lain mengorganisasikan data, menganalisis, mengintepretasikannya, serta merefleksikan hasil PTK.




Pertemuan : XV
Topik : Penyusunan Draf Laporan PTK
Waktu : 09.00 – 12.40
Istirahat : 20 menit

HARI WAKTU MATERI KEGIATAN FASILITATOR
Sabtu,
19 Maret 2011 Kegiatan 1
(160 menit)
LATIHAN DAN DISKUSI
• Latihan menyusun laporan PTK dari tindakan siklus 1 dan 2.
• Menyusun laporan PTK masing-masing guru Narasumber
Kegiatan 2
(40 menit) TUGAS
Pemberian tugas terstruktur dan mandiri
Terstruktur
• Melanjutkan penyusunan laporan PTK masing-masing guru
• Meminta salah satu guru untuk mempersiapkan hasil penyusunan laporannya untuk dibuatkan tayangan dan/atau digandakan
• Meminta seluruh guru mempersiapkan kegiatan pleno untuk

Mandiri
Guru diminta untuk mempelajari contoh-contoh laporan PTK dari sumber belajar yang dirujuk













Pertemuan : XVI
Topik : Penyelesaian Laporan PTK
Waktu : 09.00 – 12.40
Istirahat : 20 menit

HARI WAKTU MATERI KEGIATAN FASILITATOR
Sabtu,
26 Maret 2011 Kegiatan 1
(5 menit) OVERVIEW
menjelaskan tentang topik yang akan dipelajari, kompetensi, indikator pencapaian kompetensi, kegiatan belajar yang akan dilakukan peserta diskusi, dan produk kegiatan belajar yang diharapkan dari kegiatan belajar. Narasumber
Kegiatan 2
(30 menit) KRITERIA LAPORAN PTK
• Mempelajari kriteria Penilaian Laporan PTK
Kegiatan 3
(80 menit) DISKUSI
Diskusi berpasangan Saling mengoreksi draft laporan PTK
Kegiatan 4
(40 menit) PLENO (SEMINAR HASIL)
• Melakukan pleno terhadap hasil laporan PTK dari guru
Kegiatan 5
(10 menit) PENYELESAIAN LAPORAN
Kerja individu setiap guru menyelesaikan laporan PTK
Kegiatan 6
(5 menit) RANGKUMAN DANTUGAS
Merangkum hasil belajar, pemberian penguatan dan pemberian tugas terstruktur dan mandiri

Terstruktur
Guru pemandu meminta setiap guru untuk melanjutkan penulisan Laporan sehingga benar-benar dapat menjadi laporan yang lengkap, ilmiah dan dapat dipertanggung-jawabkan.
Mandiri
Guru pemandu meminta para guru mempelajari Sumber Belajar 1 sampai dengan 5


JADWAL PELAKSANAAN PROGRAM KKG BERMUTU
KECAMATAN KAJEN KABUPATEN PEKALONGAN
DBL TAHUN KE- 2 (2010)

NO NAMA KEGIATAN JULI AGUSTUS SEPTEMBER OKTOBER NOPEMBER DESEMBER JANUARI FEBRUARI MARET


1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 5 1 2 3 4 1 2 3 4
In Service
1 Materi esensial B. Indonesia
2 Materi esensial Matematika
3 Materi esensial IPA
4 Materi esensial IPS
5 Kompetensi Kepribadian
dan sosial


6 Model-model pembelajaran (2 x)
7
ICT-1: Penulisab dengan
Microsof Word, Exel

8 ICT-2: Power point
9
ICT-3: Penjelajahan internet
dengan mesin pencari
10 Refleksi dan tindak lanjut
11
Identifikasi, rumusan,
pemecahan masalah

12 Penyusunan proposal
14
Analisis dan interprestasi
data

15 Penyusunan PTK
16 Laporan PTK

Kajen, 10 Mei 2010
Ketua


Sunoto,

Selengkapnya...